Cara mencuci AC split dengan alat pembersih AC

Selain tumpukan debu yang tampak kasatmata dan bau apek yang keluar dari AC, suara berisiknya juga mengindikasikan bahwa AC Anda sudah waktunya dibersihkan. Walau begitu, AC yang tetap beroperasi seperti biasa dan tidak menunjukkan tanda apa pun tidak selalu berarti bersih. Idealnya, AC perlu dibersihkan sebulan sekali.

Berikut ini cara bersihkan AC split untuk unit yang berada di dalam rumah:

  1. Matikan AC dan cabut kabelnya dari sumber listrik.
  2. Gunakan alat pembersih AC seperti mesin penyedot debu, kemoceng, atau lap kering untuk menyingkirkan debu pada bilah-bilah ventilasi dan permukaan luarnya.
  3. Baca buku petunjuk AC Anda untuk mengetahui cara melepas dan cara membersihkan filter AC tersebut.
  4. Singkirkan debu pada filter dengan mesin pengisap debu atau kuas bersih.
  5. Bilas filter AC di bawah aliran air. Jika sangat kotor, cuci dengan sabun cuci piring cair, seperti Sunlight, kemudian bilas hingga kotorannya luruh.
  6. Keringkan filter di tempat teduh tanpa menjemurnya di bawah terik matahari.

Selain filter, unit AC yang berada di dalam rumah juga berisi kumparan evaporator dan kipas. Di pasaran tersedia produk cairan pembersih AC berupa semprotan untuk membersihkan kumparan evaporator yang tidak bisa dilepas dari unit AC. Oleh karena itu, Anda perlu mengalasi dinding dan lantai agar tidak terkena ceceran kotoran. Ikuti aturan pakai produk tersebut!

Selain rutinitas membersihkan AC dari debu sebulan sekali, Anda juga perlu merawatnya secara profesional setiap tahun. Cara bersihkan AC di atas tidak mencakup unit AC yang berada di luar rumah, apalagi sampai ke mesinnya. Jasa pembersih AC profesional akan membuka unit AC di luar rumah untuk membersihkan kompresor, kumparan kondensor, dan saluran-salurannya.