4 Bahaya Filter AC Kotor

Tahukah Anda bahwa filter AC Anda harus dibersihkan atau diganti baru sekurang-kurangnya 1 kali dalam 3 hingga 9 bulan?

Sistem filter pada unit pendingin Anda memegang peranan penting dalam menjaga kondisi suhu yang nyaman dan sehat di dalam ruangan rumah. Jika filter AC rusak atau kotor, waspada atas bahaya AC kotor yang bisa mengintai keluarga Anda :

1. Kesehatan Memburuk

Filter AC dirancang sedemikian rupa sebagai perangkap alergen dan iritan yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Debu, serbuk bunga, kotoran, dan benda- benda berukuran kecil lainnya bisa terjebak di filter AC dengan sangat mudah.

Jika filter AC terlalu kotor, maka kualitas udara di dalam ruangan akan menurun. Akibatnya, kesehatan Anda dan keluarga juga akan terpengaruh. Gejala seperti batuk, bersin, sakit kepala, pusing, kelelahan, sakit tenggorokan dan lainnya akan lebih terasa secara signifikan. Sedangkan untuk penderita asma, keluhan sesak nafas juga akan meningkat. Jika Anda sering merasa sakit tanpa alasan yang jelas, AC filter rumah Anda mungkin butuh dibersihkan.

 

2. AC Lebih Sering Rusak

Filter AC bukan saja melindungi kesehatan Anda dan anggota keluarga di rumah, tetapi juga pada unit AC secara keseluruhan. Filter AC yang terlalu kotor akan menggangu aliran udara pada unit AC Anda. Bahaya AC ini akan berpengaruh pada kerusakan AC yang berarti Anda harus mengeluarkan banyak biaya reparasi atau  bahkan harus mengganti AC baru walaupun belum mencapai batas maksimum usia penggunaanya.

 

3. Biaya Operasional Yang Tinggi

AC yang dipaksa bekerja dengan sistem filter yang kotor akan membutuhkan lebih banyak tarikan pada mesin yang berakibat buruk pada unit pendingin Anda. Selain itu, biaya operasional seperti rekening listrik juga akan semakin meningkat.

AC juga akan sulit mendinginkan ruangan, sehingga Anda harus membiarkan AC hidup lebih lama. Lagi- lagi rekening listrik Anda yang akan melonjak tajam setiap bulannya.

 

4. Kelembaban Yang Semakin Tinggi

AC yang berfungsi dengan baik akan membantu kadar lembab di sebuah ruangan dengan baik. Namun AC dengan filter yang rusak akan mengacaukan pengaturan kelembaban ruangan. Akibatnya, ruangan akan semakin lembab dan mengakibatkan tumbuhnya jamur di dinding atau sela- sela tertentu di dalam ruangan rumah. Selain itu, debu akan semakin tebal seiring menurunkan kesehatan tubuh Anda.

Untuk mendapatkan kondisi AC yang baik serta terhindar dari bahaya AC kotor, maka usahakanlah untuk mencuci dan mengecek kondisi filter AC sekurang- kurangnya 1 kali dalam sebulan. Dari servis rutin ini, Anda akan terhindar dari banyak penyakit AC kotor yang sangat merugikan Anda baik segara kesehatan maupun keuangan.