Penyebab AC Kotor

Hallo jualbeliacbekas.com Indonesia, tau ngak nggak sih bahwa AC yang terlalu kotor akan membuat suhu ruangan yang dihasilkan menjadi berkurang.

Beberapa penyebab AC terlalu cepat kotor

Kotoran dapat membuat hembusan angin dari AC menjadi kurang kencang, atau malah bisa saja membuat AC menjadi cepat rusak.

Kamu jangan sampai membiarkan AC terlalu kotor, karena itu akan menyebabkan banyak masalah. Bukan saja hanya masalah teknis pada AC namun juga membuat udara yang dihasilkan AC menjadi tidak sehat.

Sebagian orang melakukan service AC minimal 3 bulan sekali, namun tidak sedikit malah dengan durasi waktu yang lebih sedikit. Bisa 2 bulan sekali atau juga 1 bulan sekali.

Untuk dibawah 3 bulan sebenarnya ini tidak normal, karena jika masih 1atau 2 bulan biasanya AC tidaklah terlalu kotor. Lalu kenapa AC menjadi lebih cepat kotor? Dan berikut ini penyebab AC terlalu cepat kotor menurut tekno diary Indonesia.

1. Posisi AC terlalu menempel pada plafon

Meletakan AC dengan posisi terlalu menempel dengan plafon akan membuatnya lebih mudah kotor. Hal ini disebabkan oleh debu diatas plafon yang terhisap bagian atas indoor AC.

Sebaiknya cari posisi ideal pemasangan AC khususnya bagian indoor, beri jarak ke plafon minimal  15 centimeter.

2. Terlalu banyak barang di dalam ruangan

Ini yang jarang kita sadari, meletakan banyak barang di dalam ruangan seperti kamar akan membuat lebih banyak debu.

Debu inilah yang akan terhisap ke filter AC, untuk mengurangi debu pada AC disarankan melakukan pencucian filter AC minimal 2 Minggu sekali.

3. Membiarkan lantai rumah terlalu kotor.

Membersihkan lantai rumah dengan teratur bukan hanya akan membuat lantai itu bersih, namun juga akan membuat udara didalamnya ikut menjadi bersih.

Lantai yang kotor berdebu juga akan membuat AC menjadi cepat kotor, ini karena AC juga memfilter udara, jadi kotoran atau debu di lantai juga akan terbawa ke dalam AC.

4. Ruangan ber AC tidak tertutup rapat

Ini nih yang paling sering terjadi, kamu membiarkan ruangan ber AC dirumahmu tidak tertutup rapat sehingga membuat udara kotor dari luar masuk kedalam.

Sebaiknya ruangan ber AC ditutup rapat, tidak boleh ada celah udara luar masuk. Selain membuat AC cepat kotor, ruangan yang kurang rapat juga akan membuat AC menjadi tidak terlalu dingin.

Nah, setelah membaca tulisan ini apakah kamu masih membiarkan hal-hal kecil diatas?

Demikian tadi penyebab AC terlalu cepat kotor, semoga dapat bermanfaat.